Jumat, 03 Februari 2012

Berburu Cacing Sutera Mengejar Sejahtera


Tulungahgung | Jatimnet - Cacing sutera (Tubifex) hidup berkoloni di perairan yang kaya akan bahan organik. Di dalam tubuh cacing sutera terkandung kira-kira 57% protein dan 13% lemak, yang oleh karena itu merupakan pakan yang baik untuk ikan, tidak terkecuali ikan yang dipelihara manusia seperti lele atau ikan hias
    Bentuk cacing sutera kecil seukuran rambut berwarna kemerahan dengan  (panjang sekitar 1-3 cm, dengan tubuh berwarna merah kecoklatan dengan ruas-ruas. Makanya sering pula disebut cacing rambut atau cacing darah karena warnanya kemerah-merahan.
    Cacing ini hidup nya memiliki ketergantungan adanya air dan hidup pada subtrat lumpur dengan kedalaman 0 – 4 cm. Cacing sutra merupakan hewan hermaprodit yang berkembang biak lewat telur dan mudah dikembang biakkan dengan cara diternak.
    Di Kabupaten Tulungagung, sungai Ngrowo telah takasing lagi karena sungai Ngrowo memiliki historis keberadaan Kabupaten Tulungagung. Hal itu mengingat Tulungagung merupakan daerah yang memiliki banyak rawa yang mewarnai sejarah Tulungagung.
    Sungai Ngrowo, saat ini menjadi tumpuan beberapa warga setempat dan memberi berkah dengan banyaknya cacing sutera. Dari beberapa sumber yang diinfokan ke liputan Jatimnet Tulungagung, sungai ngrowo sedikitnya sejak lima tahun silam menjadi sumber penghasilan.
    Saat ini, cacing sutera tiap kaleng susu harnganya berkisar antara Rp 25 ribu hingga Rp 35 ribu. Pantauan Jatyimnet kemarin di Sungai Ngrowo, warga sejak pukul 07.00 wib telah turun ke sungai untuk mengais rejeki dengan melakukan pencarian cacing.
    Pada pukul 09.00 wib sedikitnya terdapat 12 warga dan kian siang jumlah warga yang mengais rejeki mencari cacing sutera untuk pakan ikan hias. Cacing Sutera sendiri saat ini juga dibutuhkan manca negara sebagai komoditi eksport.
    Pengepul, pedagang dan peternak ikan hias di tulungnagung sendiri yang jumlahnya melonjak. merupakan berkah warga setempat. Cacing sutera di sungai Ngrowo tanpa dilakukan pembibitan atau perawatan telah banyak bertebaran dan mudah dicari.
    Banyaknya cacing sutera di sungai Ngrowo patut disukuri karena jumlahnya melimpah tanpa harus bersusah payah melakukan ternak cacing Sutera yang sangat menjanjikan meningkatkan pendapatan warga. (Bayu)

ARSIP BERITA PILIHAN

  © JATIMNET Online ...Berita Investigasi.Wartawan . Jawa Timur

Ke : HALAMAN UTAMA